Definisi Unsur Unsur Puisi

Semangat pagi penikmat sastra yang tengah duduk manis di sana. Pada kesempatan kali ini Antologi.NET ingin membagikan artikel tentang pengertian puisi lengkap dengan ciri-ciri, jenis, unsur dan struktur pada puisi. Sebab, pada dasarnya kebanyakan dari kita belum begitu memahami lebih mendalam apa itu puisi.

pengertian puisi dan unsur-unsurnya

Pengertian Puisi

Puisi berasal dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ yang memiliki arti i create, adalah sebuah seni tertulis. Dalam bentuk seni ini, seorang penyair menggunakan bahasa untuk menambah kualitas estetis pada makna semantis.

Puisi dan prosa dapat dibedakan dengan melihat seperti apa penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter dan rima . Namun perbedaan ini masih diperdebatkan. Sedangkan pandangan kaum awam biasanya membedakan puisi dan prosa dari jumlah huruf dan kalimat dalam karya tersebut. Puisi lebih singkat dan padat, sedangkan prosa lebih mengalir seperti mengutarakan cerita. Para ahli puisi mengatakan jika puisi tidak semata-mata karya seni melainkan perwujudan segala bentuk kreativitas dalam imajinasi. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan tersebut. (wikipedia)

Terdapat kebebasan bentuk format sebuah karya puisi, bisa berbentuk apapun sesuka hati pembuatnya (melingkar, zigzag dan lainnya). Hal tersebut bertujuan guna menunjukan pemikiran sang penulis sebebas-bebasnya. Puisi juga terkadang terdiri dari beberapa suku kata saja yang kemudian diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala 'keanehan' yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi. 


Pengertian Puisi Menurut Para Ahli


Beberapa ahli puisi memiliki perbedaan pendapat dalam mendefinisikan pengertian puisi itu sendiri. Namun beberapa pengertian yang mereka simpulkan tersebut esensinya hampir sama. Berikut ini pengertian puisi dari sudut pandang para ahli:


Herman Waluyo: Pengertian puisi menurut beliau adalah karya sastra tertulis yang paling awal di tulis oleh manusia
Pradopo: Pengertian puisi adalah rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, di ubah ke dalam bentuk paling berkesan.
Sumardi: Menurut beliau pengertian puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat,  dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata imajinatif (kiasan).
Thomas Carlye: Menurut Thomas, pengertian puisi adalah ungkapan pemikiran yang bersifat musikal.
James Reevas: James mengartikan puisi sebagai ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat.
Herbert Spencer: Pengertian puisi menurut Herbert adalah bentuk unkapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan nilai keindahan.


Unsur Unsur Puisi

Setiap puisi sudah bisa dipastikan akan mempunyai 2 struktur, baik unsur-unsur puisi secara fisik maupun dalam secara non-fisik. Unsur-unsur puisi itu diantaranya sebagai berikut:
 

Diksi
Diksi adalah kata-kata yang telah dipilih oleh seorang penyair untuk dimasukkan kedalam puisinya. Kal itu disebabkan karena puisi itu suau karya sastra yang mengungkapkan banyak hal namun menggunakan sedikit kata.
Maka dari itu pemilihan kata dalam sebuah puisi sangatlah penting danjuga harus cermat. Sebab kata-kata yang dimasukkan kedalam sebuah puisi haruslah mengandung makna yang kemudian diserasikan dengan nada, irama dan urutan kata.


Imaji
Imaji adalah susunan suatu kata yang mengungkapakan suatu pengalaman dari penyair yang sesuai pengalaman indrawinya. Pengalaman indrawinya tersebut bisa berupa pendengara, penglihatan maupun perasaan.


Dalam sebuah imaji sendiri juga terbagi menjadi 3 bagian, yakni suara, penglihatan, dan sentuhan. Dengan menggunakan imaji bisa membuat si pembaca seolah-olah mendengar, melihat serta merasakan apa yang telah dialami si penyair.


Perwajahan Puisi
Perwajahan puisi adalah suatu bentuk kata dan pengaturan baris kata yang ada pada puisi.


Kata Konkret
Kata konkret adalah sebuah kata yang bisa memungkinkan untuk mendatangkan sebuah imajinasi pada ikirn atau perasaan penyair. bai itu pada indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan maupun sentuhan. Yang bisa menunjukkan suatu keadaan, benda maupun rupa dn lainnya. 


Gaya Bahasa
Gaya bahasa adalah penggunaan suatu bahasa yang kemudian bisa menimbulkan banyak makna. Di dalam puisi gaya bahasa biasa disebut dengan majas. 


Rima atau Irama
Rima atau Irama adalah suatu persamaan pada bunyi sebuah puisi yang berada diawal, tengah maupun diakhir puisi. Sehingga bisa menimbulkan efek irama yang menonjol pada puisi. Sehingga pendengar puisi bisa terbawa akan apayang disampaikan pada puisi tersebut.
Previous
Next Post »
0 Komentar